DAFTAR TILIK
TRAPY PANAS DINGIN
Berikan nilai
kompetensi setiap langkah atau kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan skala
penilaian sebagai berikut
Penilaian
Nilai 0 ( nol ) : perlu
diperbaiki
Langkah atau tugas tidak
dikerjakan
Nilai 1 ( satu ) : mampu
Langkah dikerjakan tetapi
kurang tepat
Nilai 2 ( dua ) : mahir
Langkah dikerjakan dengan
benar, tepat dan tanpa ragu-ragu sesuai prosedur
|
Nama mahasiswa :
………………….
Berilah tanda ( √ ) pada kolom penilaian
No
|
kriteria
|
|
Nilai
|
|
1.
|
Persiapan alat dan bahan
Alat
1.
Bengkok
2.
Handuk kering
3.
Kom
Bahan
1.
Kirbat es atau eskap dengan sarungnya
2.
Kom berisi potongan-potongan kecil es serta satu
sendok teh garam agar es tidak cepat mencair
3.
Air dalam kom
4.
Perlengkapan
a)
Baki dan alas
b)
Perlak kecil atau handuk kecil
c)
Tempet cuci tangan
d)
Alat tulis dan buku catatan
e)
Tempat sampah basah
f)
Tempat sampah kering
g)
Baskom
|
0
|
1
|
2
|
2.
|
Prosedur
1.
Siapkan alat dan bahan serta susu secara ergonomis
2.
Kajian pasien
3.
Informed Consent
4.
Bawa alat-alat ke dekat klien
5.
Cuci tangan
6.
Masukkan batnan es ke dalam kom air
7.
Isi kirbat es dengan potongan es sebanyak kurang
lebih setengah bagian dari kirbat tersebut
8.
Keluarkan udara dari eskap dengan melipat bagian
yang kosong, lalu di tutup rapat
9.
Periksa skap
10. Keringkan
eskap dengan lap, lalu masukkan ke dalam sarungnya
11. Buka area yang
akan di obati dan atur yang nyaman pada klien
12. Pasang perlak
pengalas pada bagian tubuh yang akan di obati
13. Letakkan eskap
pada bagian yang memerlukan terapi
14. Kaji keadaan
kulit setiap 20 menit terhadap nyeri, mati rasa, dan suhu tubuh
15. Angkat eskap
bila sudah selesai
16. Atur posisi
klien kembali pada posisi yang nyaman
17. Bereskan alat
setelah selesai melakukan terapi ini
18. Cuci tangan
19. Dokumentasikan
|
|
|
|
3.
|
Sikap
·
Teliti
·
Hati-hati
·
cermat
|
|
|
|
|
Nilai akhir ( angka )
|
|
|
|
|
Pembimbing ruangan
|
|
|
|
|
Pembimbing pendidikan
|
|
|
|
Keterangan
Nilai
batas lulus = 75 %
Nilai
=
(
dosen/pembimbing )
………………………
TRAPY PANAS DINGIN
Berikan nilai
kompetensi setiap langkah atau kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan skala
penilaian sebagai berikut
Penilaian
Nilai 0 ( nol ) : perlu
diperbaiki
Langkah atau tugas tidak
dikerjakan
Nilai 1 ( satu ) : mampu
Langkah dikerjakan tetapi
kurang tepat
Nilai 2 ( dua ) : mahir
Langkah dikerjakan dengan
benar, tepat dan tanpa ragu-ragu sesuai prosedur
|
Nama mahasiswa :
………………….
Berilah tanda ( √ ) pada kolom penilaian
No
|
kriteria
|
|
Nilai
|
|
1.
|
Persiapan alat dan bahan
Alat
1.
Bengkok
2.
Handuk kering
3.
Kom
Bahan
1.
Kirbat es atau eskap dengan sarungnya
2.
Kom berisi potongan-potongan kecil es serta satu
sendok teh garam agar es tidak cepat mencair
3.
Air dalam kom
4.
Perlengkapan
a)
Baki dan alas
b)
Perlak kecil atau handuk kecil
c)
Tempet cuci tangan
d)
Alat tulis dan buku catatan
e)
Tempat sampah basah
f)
Tempat sampah kering
g)
Baskom
|
0
|
1
|
2
|
2.
|
Prosedur
1.
Siapkan alat dan bahan serta susu secara ergonomis
2.
Kajian pasien
3.
Informed Consent
4.
Bawa alat-alat ke dekat klien
5.
Cuci tangan
6.
Masukkan batnan es ke dalam kom air
7.
Isi kirbat es dengan potongan es sebanyak kurang
lebih setengah bagian dari kirbat tersebut
8.
Keluarkan udara dari eskap dengan melipat bagian
yang kosong, lalu di tutup rapat
9.
Periksa skap
10. Keringkan
eskap dengan lap, lalu masukkan ke dalam sarungnya
11. Buka area yang
akan di obati dan atur yang nyaman pada klien
12. Pasang perlak
pengalas pada bagian tubuh yang akan di obati
13. Letakkan eskap
pada bagian yang memerlukan terapi
14. Kaji keadaan
kulit setiap 20 menit terhadap nyeri, mati rasa, dan suhu tubuh
15. Angkat eskap
bila sudah selesai
16. Atur posisi
klien kembali pada posisi yang nyaman
17. Bereskan alat
setelah selesai melakukan terapi ini
18. Cuci tangan
19. Dokumentasikan
|
|
|
|
3.
|
Sikap
·
Teliti
·
Hati-hati
·
cermat
|
|
|
|
|
Nilai akhir ( angka )
|
|
|
|
|
Pembimbing ruangan
|
|
|
|
|
Pembimbing pendidikan
|
|
|
|
Keterangan
Nilai
batas lulus = 75 %
Nilai
=
(
dosen/pembimbing )
………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar